Jumat, 08 Juni 2012

Manusia dan harapan

   
Setiap manusia memiliki banyak harapan didalam kehidupannya, manusia yang tidak memiliki harapan berati manusia tersebut bisa dikatakan mati dalam kehidupannya, dan bahkan orang yang telah meninggal sekalipun juga mempunyai beberapa harapan setelah peninggalannya, yang biasanya berupa pesan – pesan yang di sampaikan kepada para ahli warisnya.
Harapan yang dimiliki seseorang dapat berupa apa saja, bisa dalam bentuk benda yang berbentuk nyata ataupun yang bersifat keberhasilan dalam suatu pencapaian, dan harapan juga bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing – masing yang dimiliki seseorang.
Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha yang telah dilakukan oleh orang yang mempunyai suatu harapan tersebut, karena agamapun juga mengajarkan segala sesuatu yang kita dapatkan itu sesuai dengan usaha yang kita kerjakan, begitu juga dengan harapan seseorang.
Harapan juga harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri maupun pada Tuhan Yang Maha Esa, agar harapan tersebut terwujud maka perlu usaha yang sungguh – sungguh, manusia wajib selalu berdoa, karena usaha dan doa merupakan sarana tercapainya suatu harapan kita.
 
Harapan dan Cita-cita mempunyai Persamaan yaitu :
  • Keduanya menyangkut Masa Depan karena belum Terwujud.
  • pada umumnya dengan Cita-Cita maupun Harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar