Minggu, 03 Juni 2012

Manusia dan cinta kasih

Pengertian Cinta Kasih

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang atau rasa sangat kasih atau rasa sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Arti dari cinta dan kasih hampir sama dan dapat saling melengkapi, jadi cinta kasih dapat diartikan sebagai rasa sayang atau rasa suka kepada orang lain dengan menaruh belas kasih didalamnya.
Tetapi, walaupun cinta dan kasih memiliki arti yang hampir sama namun terdapat perbedaan diantara mereka. Cinta lebih keperasaan yang mendalam terhadap orang lain namun kasih sebagai keluaran atau wujud dari perasaan cinta tersebut. jadi dapat dikatakan bahwa berawal dari cinta yang dalam maka kasih dapat keluar atau terlihat secara nyata.

Manusia dan Cinta Kasih Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cinta dan kasih merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan ini. tanpa ada rasa cinta dan kasih manusia tidak dapat hidup saling berdampingan.
Dalam kehidupan, pasti ada sebuah pernikahan, hal tersebut yang paling membutuhkan rasa cinta dan kasih karena tanpa cinta dan kasih tidak akan terjadi suatu penikahan yang menghasilkan sebuah keluarga bahagia karena rasa cinta dan kasih. begitu juga dengan rasa cinta dan kasih terhadap tuhan, manusia harus memiliki rasa cinta dan kasih terhadap tuhan karena dengan rasa cinta dan kasih tersebut kita dapat mensyukuri semua nikmat yang sudah diberikan sehingga tidak menimbukan perasaan angkuh atau sombong pada diri kita karena yang kita punya adalah pemberian dari tuhan.
Dan kita akan iklas menyembah-Nya, mengikuti perintah-Nya dan kita akan menjadi seseorang yang baik tingkah lakunya karena mengikuti semua syariat-Nya.
Dalam kehidupan bermasyarakat, rasa saling mengasihi dan mencintai sangat diperlukan untuk keserasian dan keselarasan dalam hidup bermasyarakat.

Kehidupan yang rukun dan nyaman di lingkungan masyarakat adalah dambaan dari setiap manusia yang hidup bermasyarakat, untuk mencapai itu semua diperlukan rasa saling mengasihi dan peduli terhadap sesama, dengan begitu dalam kehidupan bermasyarakat tidak ada perselisihan atau rasa saling tidak suka jadi kita dapat menjalani kehidupan sehari-hari kita dengan kualitas hidup yang baik.
Cinta Kasih Kepada Orang tua Rasa cinta dan kasih terhadap orang tua sangat diperlukan dalam keharmonisan suatu keluarga. agar rasa itu tetap ada maka harus terjaganya komunikasi antara orang tua dengan anak-anaknya. tanpa adanya komunikasi tidak akan terjalin keharmonisan dalam keluarga. hal yang penting dalam mencapai keharmonisan adalah rasa saling perhatian entah dari orang tua ke anak maupun dari anak ke orang tua. biasanya hal ini yang sering terlupakan sehingga terjadi pertengkaran atau perselisihan diantara keluarga. jika menjaga dua hal tersebut maka keharmonisan antara orang tua dan anak akan tetap terjaga. sebagai anak pastilah kita menyadari akan peranan penting seorang ayah dan ibu. ibu yang telah mengandung kita selama 9 bulan dan menjaga kita tanpa rasa lelah, seharusnya sebagai seorang anak jangan membuat ibu kita sedih atau marah sebaliknya anak harus memberikan cinta dan kasih sayang kepada ibu karena ibu adalah segala-galanya dalam kehidupan ini. begitu juga dengan ayah, seorang ayah yang telah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya, sepatutnya sebagai seorang anak agar mematuhi dan membuat bangga ayahnya karena itu merupakan salah satu bentuk rasa kasih sayang terhadap orang tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar